Sunday, April 03, 2016

MALUKU : Destinasi Wisata Ambon Manise

Selama ini postingan aku cukup "campur sari" karena benar-benar berisi pengetahuan umum yang aku share di dunia blog. Setelah sekian tahun melanglang buana, i think this is my time to develops my blog and creates many contents. So, di tahun ini aku akan mencoba menulis. Cukup introductions-nya. Mari kita lanjutkan.

Dear all, kali ini aku mau nulis tentang kota kelahiranku yang famous dengan sebutan Ambon Manise. Sesuai penyebutannya memang orang-orang yang terlahir di Kota Ambon pasti terlihat manis. Yah seperti saya ini. Haha LOL! Absolutely, our skin colour made us look so nice. Hhaha. But that's a fact. Skip it! 
Bagi kamu yang belum pernah berkunjung atau yang masih dalam wishinglist ke Ambon, saya rekomendasikan beberapa hal yan patut dikunjungi atau dicoba ketika berada di Ambon. So, chek it out my recommendation below here, such as: 


1.      Destinasi Wisata
BANDA ??? Nope! Yang jadi tulisanku ini adalah tempat wisata yang berada di daerah Kota Ambon atau sekitarnya. Nah, bagi kalian yang sering berlibur ke Bali atau Lombok, kalian bisa melihat bagaiman daerah tersebut dikelilingi oleh pantai. Hal yang sama juga akan kamu nikmati ketika berada di Kota Ambon. Bahkan, menurut saya lebih indah di Kota Ambon. This is not about primodialism or something like that, tetapi kenyataannya seperti itu. Kamu dapat menikmati perjalanan indah dari pusat Kota Ambon menuju ke suatu tempat wisata dengan panorama pantai sepanjang jalan. Misalkan kamu mau ke Pantai Santai Beach kamu akan memandang pantai di sepanjang perjalanan. Pernahkah kamu menonton film barat yang ditake di pantai Los Angeles ??  Kurang lebih seperti itu
Kalau di Bali, kita harus ke pantainya dulu baru kita bisa menikmati pemandangan pantainya. Di Ambon, walaupn masih di kendaraan, kamu sudah bisa menikmati pemandangan pantai terlebih dulu yang pastinya akan membuat kamu semakin bergairah ke pantai.

Destinasi wisata yang terkenal di Kota Ambon pastinya PANTAI. Sejak aku kecil sampai tahun 2012 sebelum merantau ke Jakarta, pantai ini jadi kunjungan wajib tahunan. Entah itu acara perpisahan, acara reuni, acara rekreasi, bahkan sampai acara gerejawi seperti Paskah atau Natal atau pelantikan maupun pembubaran suatu panitia acara gerejawi, biasanya pantai jadi daftar pertama. Can you see something different ? Seperti itulah kegunaan pantai di Ambon yang totally multifungsi. Bukan sekedar sebuah tempat wisata untuk swimming, diving, surving, or snorkeling tapi more than that pantai berfungsi sebagai tempat berkumpul. Ga heran loh kalau di Ambon ada sekumpulan orang yang ke pantai tapi ga berenang atau melakukan aktivitas yang berkaitan dengan fungsi  utama sebuah pantai.
Jadi ga perlu panjang lebar, berikut di bawah ini adalah destinasi wisata terkenal di Kota Ambon versi www.jelovela.blogspot.com, yaitu: 
  
    Pantai Natsepa
       Dari rumah saya, pantai ini cukup jauh (buat orang Jakarta itu mah dekat). Harus menempuh jarak 19,9 km dengan waktu ± 36 menit (jika tidak macet). Bisa dengan menggunakan kendaraan umum (angkot) rute Ambon - Suli. Pantai natsepa terletak di daerah Suli, Kabupaten Maluku Tengah. 



Pantai Natsepa Jelovela Blogspot

 Ini foto saya di Pantai Natsepa. Cukup eksotis khan ?

Deskripsi pantai : 
Pantai ini memiliki pasir yang putih nan halus. Berhadapan dengan Desa Hukurila dan Desa Hutumuri. Garis pantainya cukup panjang. Untuk masuk ke pantai ini dibarendol harga tiket masuk
± Rp. 2.000/orang (belum diudate). Ketika memasuki pantai, kita akan mendapati gazebo yang dibuat khusus bagi pengunjung pantai.
Ada wahana Banana Boat yang dapat disewa dengan harga
±  Rp. 20.000,- per jam. Kalian juga dapat menyewa perahu yang muatannya max. 5 orang.
 Di sana, kamu pasti akan melihat ciri khas orang Ambon yang sudah merupakan habits saat ke pantai, yaitu menikmati pemandangan pesisir pantai dengan suguhan pisang goreng, rujak versi Ambon, es kelapa muda, atau jagung rebus. Ada juga additional food lainnya tapi yang saya sebutkan di atas adalah suguhan ciri khas Ambon. 
Pantai ini tidak pernah sepi khususnya di hari sabtu atau minggu karena selalu dijadikan tempat rekreasi mingguan bagi keluarga.Pantai Natsepa juga sering dijadikan tempat bermain bola oleh penduduk sekitar pantai karena pesisirnya cukup luas.
So, bagi kamu yang ingin mengunjungi kota Ambon, saya sarankan kunjungi pantai ini. Cerita liburanmu tidak akan sempurna jika tanpa pengalaman ke Pantai Natsepa. Pantai Natsepa memang jauh dari pusat Kota Ambon. But dont worry karena ada hotel terdekat yaitu The Natsepa Hotel (dh. Hotel Aston) fasilitas hotel berbintang ***. 
Yang paling penting jangan lupa pesen dan makan rujaknya karena itu rujak yang paling terkanl kelezatannya se-Kota Ambon. Campuran bumbu rujak dengan buah-buahnya yang seger selalu bikin ngiler jika dibayangkan oleh anak rantau kayak saya.
Kelebihan
Tidak berkarang
Pasir putih nan halus
Kekurangan :
Terlalu padat pengunjungnya

Santai Beach
       Next, kita berlanjut ke daerah Tanjung Latuhalat. Kalau kamu datang ke Kota Ambon denga menggunakan Kapal Laut, maka Latuhalat adalah daerah pertama yang kamu lihat. Ibaratnya pintu masuk Kota Ambon. Sejarah budayanya cukup mistik (tidak dibahas), tapi pantainya cukup jempolan. Uuuhuuii... 
Sumpah mati, ini pantai favorit aku. 
Jarak dari pusat Kota Ambon ke Santai Beach adalah 14,7 km  yang dapat ditempuh dalam waktu ±31 menit.   


  Source

Banyak gazebo warna-warni di pantai ini yang letaknya agak jauh dari pantainya. Resortnya juga cukup dekat dengan penamaan yang unik, seperti pada gambar yaitu resort Blue Rose.
Selain itu, ada juga aula khusus yang dapat digunakan untuk perhelatan akbar atau acara-acara khusus yang sifatnya semi-formal. Terdapat kolam renang khusus untuk dewasa dan anak di samping kamar mandi umum.
Secara desain, pantai ini lebih tertata dibanding Pantai Natsepa. Yang disayangkan yaitu banyak karang di Santai Beach. Meskipun begitu, masih ada bagian pantai yang dapat digunakan untuk berenang. Angel pantai ini luar biasa , sehingga bisa dikatakan cantik dan indah untuk dijadikan objek foto. Terpaan cahaya matahari diimbangi dengan pemandangan langit biru yang menjulang nyata menjadikan pantai ini sangat indah dipandang dari sudut manapun.
Ada juga hamparan benteng yang panjang yang menjadikan pantai ini cukup unik karena bisa dijadikan tempat pemotretan di tengah lautan. Aku sih punya foto di atas benteng ini tetapi udah lama bangeeet sekitar 7-8 tahun yang lalu. Akan diupdate jika ditemukan.

Source: Pinjam fotonya yak Bro
Penampakannya seperti itu. Sayangnya cukup licin dan bisa terjatuh jika tidak hati-hati


Kelebihan:
Ada kolam renang
Terdapat tempat parkir
Panorama alam pantai secara keseluruhan sangat indah

Kekurangan : 
Terdapat banyak karang di laut
Rujaknya kurang maknyos dibanding rujak pantai Natsepa


Ulasan pantai dan destinasi wisata Maluku akan dilanjutkan dan diperbarui secepatnya. 
Please comment bagi kamu yang sudah berkunjung dan ada info terbaru.
Semoga Menginspirasi


(To be continued)


Sumber :
Sumber foto sesuai hiperlink 
Konten berdasarkan pengalaman pribadi dan pengetahuan umum (hiperlink) 

No comments:

Post a Comment