Sunday, May 14, 2017

Bridal Shower: Pesta Lajang??

Di Jakarta, Bridal Shower ("bridal shower") merupakan budaya baru di kalangan perempuan, yang dipahami sebagai pesta pelepasan masa lajang sebelum seorang perempuan melangkah ke pelaminan. Bridal shower dilakukan oleh calon pengantin perempuan. Orang yang melakukan bridal shower tentunya telah memiliki tanggal pernikahan, menyebarkan undangan pernikahan, dan tinggal menunggu hari pelaksanaan pernikahan. 

Bridal shower menjadi gaya hidup perempuan masa kini dalam 5 tahun terakhir. Tidak sedikit wanita calon pengantin di Jakarta yang melakukan bridal shower paling tidak seminggu sebelum pernikahan. Berkumpul dengan teman-teman kantor atau sahabat atau teman masa kecil atau siapapun yang dianggap penting untuk mengakhiri masa lajang dalam sebuah pesta di klub atau makan bersama di kafe/resto. Fenemona bridal shower ini sendiri pastinya merupakan gaya hidup di dunia barat, seperti di Amerika dan Eropa, yang kemudian diadop dan menjadi kekinian di Indonesia.

Bridal Shower di Indonesia 
Dari beberapa situs online, dapat dilihat terdapat berbagai pendapat mengenai bridal shower. Berikut ini beberapa pengertian mengenai bridal shower antara lain:
The bride dept, portal berisi informasi bagi calon pengantin ini memiliki  beberapa artikel mengenai bridal shower. Salah satu artikelnya yang berjudul "4 Alasan Kamu Tidak Perlu Mengadakan Birdal Shower" menjelaskan definisi bridal shower yaitu suatu perayaan sebelum pernikahan yang diadakan oleh calon pengantin wanita bersama para sahabat dan saudara terdekatnya. Bridal shower ini sebenarnya merupakan budaya barat yang mengadakan acara ini untuk membuat “list hadiah” apa yang akan diberikan oleh para sahabatnya di hari pernikahannya. Waktu untuk menggelar bridal shower biasanya dilakukan sebulan atau dua minggu menjelang hari H. 
Secara terpisah, dalam wawancara dengan Vemale, founder & CEO the bride dept, Putri Arinda mengungkapkan tujuan diadakannya Bridal Shower di Indonesia adalah untuk merayakan dan menjadi salah satu cara untuk mempertemukan teman terdekat.


The wedding.com, Bridal shower adalah pesta khusus melepas lajang bagi para  calon pengantin wanita dan teman-teman khusus wanita. Biasanya pesta tersebut diadakan menjelang hari pernikahan atau sekitar empat hingga dua minggu sebelum hari H tiba. Menurut situs portal pernikahan di bawah manajemen Bella Donna Group ini, di beberapa negara, para calon pengantin wanita bahkan mendapatkan banyak sekali hadiah dan bingkisan dari para sahabat dan teman dekatnya tersebut. Isi hadiahnya berupa keperluan rumah tangga, pakaian ataupun bentuk lainnya. The wedding.com juga menambahkan bahwa di Indonesia, selain memberikan hadiah kepada calon pengantin wanita, perayaan bridal shower juga diisi dengan games-games menarik dengan hadiah-hadiah yang unik dan cantik. Dengan adanya games tersebut suasana pun menjadi semakin hangat dan heboh seperti misalnya games menebak tulisan.


Sarah Puspita, salah satu blogger yang cukup masih terlihat aktif, memberikan definisi yang singkat bahwa Bridal shower adalah sebuah tradisi yang biasanya dilakukan dalam rangka melepas masa lajang sang pengantin wanita.



Hipwee, salah satu media online, menurut mereka pesta lajang bridal shower dibuat khusus calon mempelai wanita dan sahabatnya karena setelah menikah keluarga menjadi prioritas utamanya. Bridal shower atau lebih dikenal pesta lajang ini memang diadakan khusus buat calon pengantin wanita beberapa minggu sebelum menikah. 

Dari 5 (lima) pengertian bridal shower di atas dapat disimpulkan bahwa bridal shower adalah pertemuan yang dilakukan oleh calon pengantin perempuan dengan orang terdekat (keluarga atau teman) yang dikemas dalam pesta kecil-kecilan, dan ada kalanya terdapat hadiah dan juga games yang seru.


Bridal Shower  Secara Global
Dilansir dari WikipediaA bridal shower is a gift-giving party held for a bride-to-be in anticipation of her wedding. The custom originated in the 1890s and is today most common in the United States, Canada, Australia, and New Zealand.
Kaum lelaki biasanya tidak datang dalam acara ini. Berdasarkan penjelasan wiki, bridal shower dianggap tidak biasa di Inggris karena sudah dianggap ide atau gaya hidup konsumtif orang Amerika.

Pada situs divineevents.com, situs yang sudah berdiri sejak 2001 intinya menulis bahwa ada istilah lain yang hampir sama dengan Bridal Shower yaitu Kithcen Tea dengan perbedaan minor. Bridal shower adalah kebiasaan di Amerika, Belgia, Belanda, dan beberapa negara di Eropa, sedangkan Kitchen Tea adalah kebiasaan lokal di Austrialia dan Selandia Baru. Bridal shower adalah waktu untuk 'memandikan' pengantin (bukan calon pengantin) dengan hadiah-hadiah dalam rangka memanjakannya dengan suatu barang untuk kamar tidur, dapur, atau barang mewah lainnya. Sedangkan Kitchen Tea adalah kebiasaan membawa barang yang khusus untuk dapur seperti perlengkapan listrik atau buku masak. Bila melihat informasi dari situs ini bisa disimpulkan bridal shower itu dapat dilakukan setelah atau sebelum menikah. Mungkin karena kebiasaan ini yang agak absurd, di beberapa situs barat ada artikel mengenai perbedaan bridal shower gift and wedding gift.


Apakah Bridal Shower sama dengan Bachelorette Party?
Dengan kemajuan teknologi yang memudahkan akses informasi beragam pengetahuan mengenai kebiasaan dan gaya hidup dunia barat, tentunya tahu kalian pasti pernah mendengar bahkan tahu bachelorette party.
Dalam beberapa postingan di media sosial, khusus di instagram, saat artikel ini ditulis, hastag #bridalshower mencapai 2,6 juta, sedangkan #bacheloretteparty 1,9 juta. Hastag bridal shower di bagian most recent juga terlihat banyak postingan akun orang Indonesia. Tapi apakah yang dimengeri sebagai bridal shower adalah bridal shower dalam pengertian yang sesungguhnya??

Untuk menyamakan persepsi bridal shower dengan pengertian yang sebenarnya, kita harus memahami juga satu istilah penting sebagai pembanding, yaitu bachelorette party yang apabila ditelusuri hampir sama dengan trend bridal shower di Indonesia, khususnya di Jakarta. 

Menurut Wikipedia, A bachelorette party, atau istilah hen(s) party atau  hen(s) do, adalah sebuah pesta yang diselenggarakanwanita yang akan menikah. Istilah hen party, hen do, or hen night digunakan di Inggris atau Irlandia, walaupun istilah tersebut merupakan kebiasaan di Australia dan Selandia Baru. Istilah bachelorette party adalah sebuah kebiasaan di Amerika dan Kanada. 
Jadi bacheloretter party atau pesta lajang adalah pesta yang sederhana, penghormatan kepada calon pengantin wanita (bride-to-be) untuk lingkaran sosial. Karena pesta ini diselenggarakan untuk calon pengantin wanita, pesta ini dibuat lebih 'softly' dibanding dengan bachelor party atau pesta bujang calon pengantin pria yang terkesan seperti 'an evening of debauchery' atau pesta pora (mabuk-mabukkan) di malam hari.
 
Bachelorette party menurut divineents.com adalah sebuah konsep di Amerika selain bridal shower. Pada acara ini tidak diharapkan untuk membawa hadiah karena pada praktek biasanya dilakukan permainan-permainan yang 'kurang sopan' (raunchy) dan biasanya ada kunjungan suprise dari orang-orang yang bertampang polisi karena ada komplan keributan. Jadi bachelorette party secara implisit dianggap sebagai sebuah pesta hura hura tanpa hadiah. 
 
Well, kita sudah melihat definisi dari kedua istilah ini. Pada intinya, saya pribadi menyimpulkan bahwa : 
  • Bridal shower merupakan sebuah momen khusus pemberian hadiah bagi calon pengantin yang mana hadiah-hadiah tersebut berguna sebagai perlengkapan rumah tangga di kehidupan yang baru. Jadi bridal shower indenti dengan hadiah. Selain hadiah, bridal shower juga dikemas dengan games yang lucu dan unik. Jadi terlihat bahwa sebenarnya konsep kebersamaan yang diusung dalam bridal shower. Bagaimana orang terdekat memberikan dukungan kepada calon pengantin wanita yang akan menikah. Dukungan dapat melalui hadiah atau berpartisipasi dalam setiap permainan yang dimainkan. 
  • Bachelorette party adalah pesta lajang khusus wanita, yang mana calon pengantin wanita menyiapakn waktu khusus untuk melaksanakan pesta bersama sahabat atau orang terdekat yang menandakan bahwa kebebasan diri atau masa lajang akang segera berakhir. Dilakukan tanpa kado maupun permainan unik. Walaupun bukan bachelor party, pesta ini juga identik dengan minuman alkohol dan kelab malam.
Jangan sampai salah pakai kode hastag lagi. Semoga bermanfaat.

Sumber
Wikipedia
Hudson Valley magazine 
Dineevents.com 



Baca juga:
Cerdas Berbelanja: Diskon, I like it
Cerdas Berbelanja: Online Shopping

1 comment: